Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina dari Ciri Fisik dan Karakternya

  • Whatsapp
perbedaan lovebird jantan dan betina

Burung lovebird termasuk jenis burung yang cukup sulit untuk diketahui termasuk bagi yang sudah berpengalaman sekalipun untuk menentukan jenis kelamin lovebird dan tidak bisa memanstikannya, hanya memperkirakannya, apalagi bagi seorang pemula.

Ya, burung lovebird memang tergolong burung memiliki kesamaan fisik antara jantan dan betina, oleh karena itu untuk menentukannya harus melihat dari berbagai faktor, dan biasanya kalau hanya melihat dari ciri-ciri fisiknya saja bisa saja meleset.

Namun, untuk mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina bisa dari cifi fisik juga yang sering banyak lovebirdmania dalam mengetahui jenis kelamin.

Selain dari ciri fisik, ada bisa juga di lihat dari karakternya, terutama karakter ketika burung sudah memasuki usi dewasa dan siap kawin.

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Secara umum banyak kicaumania melakukan pengecekan dari sisi fisik untuk mengetauhi perbedaan jantan dan betina lovebird, namun sebaiknya bagi anda yang ingin mengetahuinya, perhatikan keseluruhan tubuhnya, mulai dari kepala hingga kebagian kakinya, karena kalau dilihat dari salah satu organ bentuk tubuhnya saja kemungkinan besar meleset.

  1. Paruh Lovebird

Hal pertama yang bisa dilihat untuk perbedaan jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk paruhnya, seperti :

  • Jantan : memiliki paruh yang mancung, runcing, lancip dan juga kecil
  • Betina : parunya lebar , besar dan tidak mancung/lancip

Lihat Juga : Makanan Burung Lovebird Agar Rajin Berkicau

  1. Kepala Lovebird

Kepala lovebird jantan terlihat papak dan dan rata, dan untuk kepala loevbird betina memiliki bentuk lengkung, cekung and terlihat lebar.

  1. Bobot Tubuh

Lovebird jantan memiliki bobot tubuh yang ringan ketika di pegang, meskipun ukuran tubuhnya besar. Sedangkan bobot tubuh betina ketika di pegang terasa berisi dan padat.

  1. Besar Tubuh

Secara umum, namun tidak selalu pasti, besar tubuh lovebird betina lebih besar dari pada jantan. Hal ini bisa dilihat dengan mencoba memegangnya sambil melihat bobot tubuhnya seperti pada ciri fisik number 3 yang disampaikan diatas.

  1. Ekor Lovebird

Ekor lovebird juga bisa dijadikan patokan untuk menentukan perbedaan lovebird betina dan jantan, dan untuk perbedaannya, bisa dilihat dari :

  • Jantan : memiliki bentuk ujung ekor lancip , seperti bentuk hurup “ V “
  • Betina : memilki bentuk ujung ekor yang rata atau melebar
  1. Sayap Lovebird

Sebenernya untuk sayap lovebird ini tergolong agar sulit untuk membedakan lovebird jantan dan betina. karena untuk jenis lovebird tipe Fighter, memiliki sayap yang mengapit dan menyilang antara jantan dan betina.

Namun, jika lovebird tersebut bukan tipe fighter, bisa dilihat dari ciri sayapnya :

  • Jantan : memiliki bentuk sayap yang mangapit rapat dan menyilang
  • Betina : memiliki bentuk sayap yang tidak menyilang atau sejajar
  1. Saat Bertengker

Posisi bertengker bisa menentukan jenis kelaminnya, karena secara umum lovebird jantan ketika bertengker, posisi kakinya tidak melebar atau sejajar, sedangkan untuk betina posisi bertengkernya melebar.

  1. Tulang Pubis Lovebird ( Supit Urang )

Silahkan raba tulang pubis lovebird, biasanya tulang pubis jantan lebih rapat posisinya dan juga keras, sedangkan untuk tulang pubis betina terasa lebar kalau diraba dan juga lembek, terutama ketika lovebird betina dalam keadaan matang birahinya, akan terasa lembek dan merah duburnya.

Lihat Juga : Download Suara Burung Lovebird

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Berdasarkan Karakter

gambar lovebird betina

Gambar lovebird betina

Lovebird jantan dan betina secara fisik memang sulit untuk dibedakan, namun untuk karakter itu sendiri memiliki kebiasaan yang berbeda, namun hal tersebut akan terlihat jelas, ketika burung dalam keadaan dewasa yang sudah siap di kawinkan.

  1. Mambangun sarang

Ketika burung lovebird suah siap untuk dikawinkan, bisa dilihat ketika burung di simpan di kandang ternak, lengkap dengan klodok dan tempatnya bersarang.

Lovebird betina akan sering mengangkut bahan bersarangnya, dan merapihkan sarang yang akan di buatnya. Sedangkan untuk jantan lovebird tidak terlalu sibuk membantu sarang dan hanya melihat-lihat saja, meskipun ada juga jantan lovebird juga yang sama-sama sibuk membangun sarang bersama betinanya.

  1. Lovebird Ketika Birahi

Untuk mengetahui karakter lovebird dari tingkah laku ketika birahi, tentunya birahi burung harus naik dan stabil dulu agar terlihat perbedaannya.

Maka itu, kalian bisa membuat birahinya naik, misalkan dengan memberikan kangkung lebih sering.

Dan untuk melihat ketika lovebird birahi, antara lain :

  • Lovebird jantan akan lebih aktif bergerak dan mondar mandir ketika birahi dan untuk betina cenderung pasif
  • Lovebird jantan sering mengeluarkan suara cit, cit atau tek, tek ketika birahi
  • Jantan lovebir Sering manggut-manggut dan ingin meloloh betina
  • Jika sudah terlalu tinggi birahinya, maka jantan lovebird akan menggesek-gesekan kelaminnya ke tangkingan
  • Betina lovebird sering membuka sayapnya ( ngeleper ) sambil nungging
  • Betina lovebird sering menggigit benda di sekitarnya ketika sedang birahi
  1. Suara dan Aktif

Lovebird betina sering banyak di pilih oleh lovebirdmania sebagai lomba,karena memiliki suara nngekek yang lama, meskipun begitu lovebird jantan juga ada yang memiliki suara ngekek yang sering dan lama, seperti betina.

Namun, secara umumnya, lovebird betina sering ngekek dengan lama, namun jarang aktif bergerak. Sedangkan jantan lovebird sering aktif bergerak dan ngekeknya tidak selama betina.

  1. Tes DNA

Nah, jika yang ingin mengetahui perbedaan burung lovebird jantan dan betina secara efektif 99%, maka tes DNA merupakan cara bisa dilakukan, dan tentunya harus mengeluarkan biaya untuk itu.

Biasanya banyak melakukan test DNA untuk kelangan pecinta lovebird jenis warna, untuk menentukan harga dan keturunan, karena biasanya harga lovebird jenis warna mahal dan sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan untuk test DNA.

Nah, demikianlah ulasan kali untuk untuk mengetahui perbedaan lovebird betina dan jantan yang mungkin belum kalian ketahui, yang bisa di coba sekarang juga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.