Tips Membuat Nafas Lovebird Panjang Agar Ngekek dengan durasi Lama

nafas lovebird

BurungLovebird.com – Lovebird memiliki karakter suara yang ngekek, semakin baik suara yang di hasilkannya, maka burung tersebut bisa di bilang memiliki kemampuan ngekek yang baik.

Durasi lamanya ngekek pada burung lovebird menjadi hal sangat penting untuk di miliki, karena dari kalangan lovebirdmania, ketika lovebird tersebut memiliki durasi ngekek yang panjang, maka burung tersebut harga jualnya menjadi tinggi.

Namun, meskipun lovebird memiliki karakter suara lovebid, untuk mencetak lovebird memiliki suara ngekek dengan durasi panjang 1 sampai 2 menit itu tidak mudah dan jarang sekali menemukan lovebird seperti itu.

Cara Meningkatkan Nafas Lovebird

Untuk membuat lovebird mampu ngekek dengan durasi panjang, maka burung tersebut perlu di latih, salah satunya melatih fisiknya , sehingga nafasnya menjadi panjang dan ketika ngekek lovebird tersebut mampu bertahan dengan durasi panjang.

Selain fisik, ada beberapa hal yang membuat lovebird mampu ngekek panjang, seperti memilih lovebird yang berkualitas, bisa dengan melihat keturunan atau memilih dari kandang obyokan yang baik.

Namun, dalam tips kali ini akan kami bahas tentang cara melatih lovebird agar memiliki fisik yang kuat dan nafas yang panjang.

Lihat Juga : Cara Mencetak Lovebird Konslet

  1. Mandi Semprot

Memandikan lovebird dengan cara menyemprotnya merupakan cara yang aman untuk melatih nafas lovebird, selain itu memandikannya juga memiliki manfaat untuk kesehatan burung itu sendiri.

Untuk cara melakukannya, antara lain :

  • Pagi hari lovebird dimandikan hingga basah kuyup dengan cara di semprot halus dan jemur hingga jam 10 siang
  • Ketika siang hari, lovebird di mandikan kembali hingga basah kuyup dan jemur kembali
  • Setelah itu, lovebird di simpan di tempat yang teduh
  • Lakukan cara ini secaa rutin setiap harinya, hingga terlihat perkembangannya lebih baik
  1. Melatih Kandang Umbaran

kandang umbaran

Lovebird dilatih di kandang umbaran memiliki tujuan untuk melatih nafas dan stamina lovebird, sehingga ketika lovebird ngekek mampu dilakukannya dengan durasi panjang.

Dengan menyimpan lovebird di kandang umbaran tersebut tentunya di harapkan burung akan memiliki aktifitas yang banyak, seperti terbang dan sekaligus bukan hanya nafasnya saja yang terlatih, tapi otot-otot sayapnya pun akan terlatih lebih baik lagi.

Meskipun cara ini masih pro kontra dari kalangan lovebirdmania, tapi yang pasti otot tubuh dan nafasnya terlatih dengan baik.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Kawin

  1. Melatih di dalam Ruangan

gambar lovebird terbang

Jika rekan-rekan tidak memiliki kandang umbaran, rekan-rekan juga bisa melatih lovebirdnya terbang-terbang di dalam ruangan, seperti dalam kamar rumah yang tertutup rapat.

Namun, perthatikan juga lovebird tersebut ketika di lepaskan di dalam kamar, karena ada beberap kasus, ketika lovebird di simpan di ruangan, lovebird terlalu bersemangat terbang hingga membuatnya menjadi menabrak-nabrak tembok.

  1. Lovebird Berenang

lovebird berenang

Melatih nafas lovebird dengan cara membuatnya berenang tergolong ektreme, namun sebagian dari lovebirdmania yang melakukan cara ini.

Dan jika rekan-rekan lovebirdmania ingin melatih lovebird dengan cara ini, bisa menyediakan ember yang cukup besar dengan ketinggian air setengah dari tinggi lovebird agar lovebird tidak tenggelam ketika di masukan ke ember tersebut.

Agar lovebird tidak terbang, sebelum dimasukan ke dalam ember, kedua sayapnya di basahi dulu dan setelah itu biarkan lovebird berenang hingga beberap menit.

Jangan , lakukan cara ini setiap hari, cukup 1 – 2 kali dala seminggu, karena cara ini cukup menguras energy lovebird.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.