Tips Cara Memilih Dan Merawat Burung Murai Batu Borneo Agar Gacor Maksimal

  • Whatsapp
murai batu borneo

Burung murai batu termasuk jenis burung hias yang sangat sulit dirawat. Sebuah prestasi tersendiri, jika seseorang mampu merawatnya. Sebab pada kenyataannya merawat jenis burung ini memang terbilang sangat susah dan rumit.

Namun jika tetap memaksakan ingin memeliharanya di rumah, disarankan untuk memilih jenis murai batu Borneo, di mana perawaannya tidak begitu menyulitkan. Karena fisiknya cenderung kuat serta tahan uji oleh tekanan apapaun. Tidak gampang stres.

Tips Memilih Burung Murai Batu Borneo 

Khusus pemula, tak ada salahnya memperhatikan tips-tips di bawah ini agar tidak keliru.

  1. Pilih yang berwarna bulu dada cokelat

Boleh dikatakan semua jenis murai batu Borneo ini terbilang kuat. Namun tetap memiliki ciri terntentu untuk memilih yang paling baik. Yakni yang berbulu dada cokelat. Jenis ini mental dan sifat fighternya lebih teruji dibanding warna lain.

  1. Pilih yang berkaki gelap

Meski berasal dari Kalimantan, namun ketangguhannya tak jauh beda yang berasal dari Sumatra. Dan yang berkaki gelap adalah cirinya.

  1. Pillih yang bentuk kepalanya mirip kapak

Jenis ini terbukti memiliki fisik kuat, bergairah, energik dan penuh semangat bila ikut kompetisi. Perhatikan pula tatap matanya. Harus tajam. Bersih tak berair.

  1. Paruhnya mau membuka lebar

Ini terjadi pada saat murai batu Borneo sedang berkicau. Biasanya yang bagus akan terbuka lebar,  dengan mengeluarkan nyaring dan jernih. 

  1. Leher harus lebar dan besar

Dan terakhir mengenai lehernya. Usahakan memilih yang lebar dan besar. Sebab jenis ini biasanya memiliki suara yang keras juga lantang.

Cara Merawat Burung Murai Batu Borneo

Secara garis besar, merawat burung murai batu Borneo sama seperti murai batu lainnya yang berasal dari Sumatra. Lebih jelasnya berikut ini!

  1. Menjaga sanitasi sangkar

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, burung selalu terhindar dari penyakit dan merasa nyaman, sebaiknya jagalah selalu keadaan kandang. Bila tercecer makanan sisa atau basah oleh air minumnya, maka segera singkirkan. Begitupun bila terdapat kotorannya, juga harus cepat dibersihkan.

Baca Juga : Penyebab Dan Perawatan Murai Batu Trotol Ngedrop Mental

  1. Pemberian pakan yang tepat

EF harus diberikan dengan tepat. Seperti pemberian jangkrik. Boleh diberikan sebanyak 10 ekor perhari setiap pagi 5 ekor dan sore hari 5 ekor, bisa pula lebih sesuai kebutuhan burung. Atau kroto yang terbilang sulit dicari dan berharga sangat mahal, boleh dikurangi frekwensi pemberiannya. Sisanya bisa disimpan dalam cepuk yang sudah ada di sangkarnya. Beri sesekali saja, tapi jangan dihilangkan sama sekali. 

  1. Aturan mandi yang tepat

Sama seperti manusia, burung juga butuh mandi teratur, guna menjaga kesegaran dan kebugaran fisiknya. Selain itu, untuk menstimulasi dirinya, supaya lebih rajin berkicau. 

  1. Penjemuran dan pengembunan

Dilakukan dengan memperhatikan kondisi burung. Tidak boleh berlama-lama terkena sinar matahari, tapi juga harus rajin dilakukan. Begitupun dengan pengembunan, dilakukan dengan melihat kondisi cuaca yang sedang terjadi.

  1. Pemberian suplemen multivitamin

Dan terakhir untuk mendongkrak stamina juga suara kicauannya, dapat dibantu dengan memberikan sejumlah suplemen vitamin yang sesuai kebutuhannya. Diberikan secara teratur, bilamana burung murai Borneo benar-benar membutuhkan. 

Meski terlihat mudah dirawat, namun bukan berarti pemiliknya boleh mengabaikan perawatannya. Karakter suaranya yang tembak menembak, dapat dipancing melalui pemasteran menggunakan jenis burung masteran seperti : Cililin, pelatuk, lovebird, cucak jenggot, walang kecek dan sebagainya. 

Demikian ulasan singkat tentang Tips Memilih Dan Merawat Murai Batu Borneo telah ditulis. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.