Daftar Makanan Burung Kakak Tua dan Cara Merawatnya

  • Whatsapp
makanan burung kakatua

Burung kakak tua merupakan burung yang memiliki jenis makanan yang sukainya, seperti biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.

Untuk membuat burung kakak tua memiliki kesehatan yang baik sehingga bisa membuatnya menjadi aktif bergerak dan mengeluarkan suaranya, maka bukan hanya memberikan pakan yang berkualitas, harus di iringi dengan perawatan harian yang rutin.

Maka dari itu, selain memberikan informasi tentang makanan apa yang akan di berikan pada burung kakak tua, kami juga informasi tentang tips cara merawatnya, sehingga burung bisa mendapatkan kondisi terbaiknya.

Cara Merawat Burung Kakak Tua

Setiap burung memiliki karakter yang berbeda-beda, termasuk burung kakak tua, sehingga ketika di rawat dengan cara yang tepat sesuai dengan karakter burung itu sendiri, maka burung bisa mendapatkan kondisi terbaiknya.

  1. Penyimpanan

Burung kakak tua memiliki karakter yang suka bersosialisasi, dengan menyimpannya di tempat yang ramai, dapat membuat burung merasa di perhatikan oleh pemiliknya dan juga kesukaan burung untuk bersosialisasi dapat tersalurkan ketika di simpan di tempat yang ramai, dan untuk ketinggian dalam penyimpanannya setara dengan tinggi manusia , sehingga bisa berinteraksi langsung dengan pemilikya.

  1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Burung kakak tua tidak menyukai jika terkena matahari langsung, maka dari itu kandang burung kakak tua sebaiknya jangan terkena matahari langsung, karena jika terkena sinar matahari langsung, burung akan silau dan burung menjadi kepanasan.

  1. Bersihkan Kandangnya

Burung kakak tua tidak menyukai tempat yang kotor, karena ketika kandangnya kotor, burung tidak akan nyaman.

Maka dari itu bersihkan kandangnya secara rutin, selain itu dengan membuatnya kandang menjadi selalu bersih akan membuat burung menjadi terhindar dari kuman dan bakteri yang akan menyerang kesehatannya.

  1. Berikan teman atau mainan

Karena burung kakak tua memiliki sifat bersosial, maka dari itu dalam memeliharanya berikan pasangan dari burung itu sendiri, atau paling tidak berikan mainan yang membuatnya tidak merasa bosan.

  1. Memandikan dan Menjemurnya

Memandikan burung kakak tua memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan bulunya menjadi mengkkilap , serta kutu dan kuman yang ada dalam bulu burung kakak tua bisa hilang.

Untuk jadwal memandikan burung kakak tua cukup 3 kali dalam seminggu dan waktu memandikannya sebaiknya dilakukan pada pagi hari, agar ketika beraktifitas di hari tersebut setelah dimandikan, burung memiliki kesegaran yang baik dan membuat kualitas suara yang bisa keluarkannya dengan baik.

Selain memandikan sebaiknya dilakukan pada pagi hari, maka untuk membuat bulunya menjadi kering kembali adalah dengan cara menjemurnya pada pagi hari. Karena panas yang di hasilkan oleh matahari pada saat pagi hari tidak terlalu panas.

Makanan Burung Kakak Tua

Untuk memaksimalkan kemampuan burung kakak tua agar menjadi aktif dan rajin mengeluarkan suaranya, maka selain melakukan perawatan yang telah disampaikan di atas, maka pakan juga memiliki peranan yang baik untuk membuat kakak tua memiliki kondisi terbaik.

Untuk pemberian pakan burung kakak tua antara lain .

  1. Buah-buahan

Buahan-buahan memiliki kandungan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan dan membuat burung menjadi lebih Fit, selain itu dengan kebutuhan gizi yang terdapat dari buah-buahan juga memiliki manfaat untuk membuat bulunya menjadi lebih indah, cerah dan mengkilap.

Pada umumnya, kandungan gizi yang ada pada burung kakak tua, antara lain seperti Vitamin A, B, C dan vitamin lainnya.

Buah yang bisa di berikan pada kakak tuas, antara buah pepaya, alpukat, apel , buah pisang, buah anggur dan buah-buahan lainnya.

  1. Sayuran

Untuk melengkapi kebutuhan gizi burung kakak tua dan menjaga keseimbangan kebutuhan nutrisi burung kakak tua, maka sayuran harus di berikan setiap harinya.

Karena, tidak semua buahan-buahan bagus di berikan, maka untuk melengkapinya dengan memberikan sayuran, misalkan anda sering memberikan pakan dari buah anggur yang memiliki banyak gula, tapi nilai gizinya rendah. Maka pakan dari sayur bisa menjadi pelengkapnya.

  1. Biji-bijian

Kakak tua merupakan salah satu burung yang gemar memakan pakan dari biji-bijian, dan jenis biji-bijian yang bisa di berikan pada burung kakak tua antara lain seperti kacang hijau, kwaci, kacang tanah dan jenis biji-bijian lainnya.

Anda bisa memberikan pakan dari biji-bijian ini pada kakak tua peliharaan anda beberapa kali dalam seminggu, untuk melengkapi kebutuhan gizi yang tidak dimiliki oleh pakan dari sayur dan buah-buahan.

Namun, jika burung kakak tua rekan-rekan belum terbiasa untuk mengkonsumsi pakan tersebut, maka sebaiknya biasakan untuk menyukai pakan tersebut.

Nah, berikut adalah tips cara perawatan burung kakak tua dan recomendasi makanan burung kakak tua yang bisa di berikan pada burung peliharaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *