Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi Agar Normal Kembali

lovebird over birahi

Over birahi pada burung lovebird menjadi suatu masalah yang perlu untuk di atasi, karena dapat menurunkan penampilannya, entah itu kesehatan fisik dan juga mental, terutama kualitas kicauannya.

Peningkatan birahi lovebird merupakan hal biasa terjadi, dan biasanya ketika di alam liar, ketika burung sudah dewasa dan biarahinya akan tersalurkan dengan mencari pasangan, sehingga kebutuhan biologisnya tersebut terpenuhi.

Namun, bagaimana ketika lovebird di pelihara di dalam sangkar ? ya, tentunya segala suatu hal kebutuhan lovebird tergantung oleh pemiliknya, jika melakukan perawatan yang tepat, dengan memberikan pasangan, maka over birahi pada lovebird bisa di hindari.

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

Ketika birahi burung tidak tersalurkan, karena pemilik burung tidak memberikan pasangan, maka lovebird akan mencari cara sendiri untuk menyalurkan kebutuhan biologinya tersebut dengan cara menggesek-gesekan kloakanya ke tangkringan, burung menjadi stres hingga mencabuti bulunya sendiri dan burung menjadi agresif.

Birahi lovebird satu sisi memiliki manfaat untuk membuat burung rajin berkicau, tapi satu sisi jika birahi tersebut berlebih atau bahkan kurang, maka penampilan burung akan terganggu.

Untuk itu, penting sekali menjaga birahi burung, seperti tips penjemuran, memandikan, mengatur makanan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Namun, jika lovebird sudah terlanjur over birahi, maka berikut adalah tips untuk menurunkan birahi lovebird agar stabil kembali.

  1. Tingkatkan Mandi Lovebird

Memandikan burung lovebird merupakan aktifitas dalam perawatan hariannya, namun karena kondisi burung sedang over birahinya, maka durasi memandikan burung di tingkatkan.

Misalkan mandikan lovebird setiap harinya 1 sampai 2 kali, namun sesekali burung di mandikan ketika malam hari.

Memandikan lovebird lebih sering memiliki manfaat untuk membuat birahi burung turun, maka jika biasanya dimandikan 1 hari sekali, maka ketika lovebird over birahinya tinggal di tingkatkan dalam hal memandikannya menjadi 2 kali.

  1. Kurangi Jemur

Menjemur burung dapat membuat birahi menjadi naik, untuk itu untuk penjemurannya cukup dilakukan selama 15 -30 menit saja setiap harinya.

  1. Kawinkan Lovebird

Mengawinkan lovebird memang efektif untuk menurunkan birahi burung yang terlalu over, dan terkadang dalam kondisi terlalu tinggi birahinya, cenderung agresif pada pasangannya, meskipun sudah berjodoh.

Untuk itu, sebelum terlanjur over birahi, maka untuk mencegahnya dengan cara mengawinkannya terlebih dahulu, jika burung terlihat tanda-tanda ove birahi.

Akan tetapi, jika lovebird gestang rekan-rekan belum memiliki pasangan, maka bisa mencarikan pasangannya terselebih dahulu, dan melakukan proses penjodohannya, Baca Juga : Cara Menjodohkan Lovebird .

  1. Pakan Lovebird Gestang

Pakan memiliki pengaruh perubahan birahi lovebird, seperti pakan dari kangkung, jagung mudah dan lain sebagainya.

Untuk itu, pakan yang bisa di berikan pada lovebird sedang birahi diantaranya memberikan mentimun, milet putih dan gabah.

Sedangkan untuk makanan yang harus di hindari untuk lovebird yang over birahi, diantaranya :

  • Jagung muda
  • Kangkung
  • Telur rebus
  • Kacang-kacangan
  • Kwaci
  • Dan lain sebagainya

Cara mengatasi lovebird over birahi agar normal dan stabil kembali hingga kemampuan berkicaunnya ngekek panjang .

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.