Burung Lovebird Macet Bunyi ? Berikut adalah Tips Untuk Mengetasinya

lovebird macet bunyi

Rajin bunyi pada lovebird merupakan hal yang di idam-idamkan oleh pemilik burung, entah itu burung lomba, lovebird masteran dan juga lovebird hiasan di rumah.

Namun, agar burung lovebird mau rajin mengeluarkan kicauannya dengan baik, butuh perawatan yang komplek, seperti mengatur pakan, perawatan harian dan lain sebagainya.

Dengan perawatan lovebird yang membutuhkan waktu dan perawatan harian yang cukup memakan biaya juga, tentunya jika tiba-tiba lovebird perliaharaan lovebirdmania mendadak diam seribu bahasa tidak mengeluarkan kicauannya.

Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi

 Macer bunyi adalah istilah yang sering kicaumania sebut, dimana yang awalnya burung rajin berkicau mendadak banyak diam.

Dan biasanya, lovebird mendadak menjadi pendiam seperti itu bisa di sebabkan oleh beberapa hal, seperti salah perawatan dan juga bisa di sebabkan oleh terlalu lama lovebird hidup sendiri tanpa untulan atau pasangan.

Untuk membuat lovebird pulih kembali dari macet bunyi dan rajin ngekek kembali pasca macet bunyi selsai, maka berikut adalah tips untuk mengatasinya.

  1. Pengembunan

Pengembunan di pagi hari sebelum matahari muncul merupakan hal yang sangat disukai oleh burung, termasuk untuk lovebird.

Secara umum, dengan rajin pengembunana memiliki manfaat untuk membuat penafasan burung lebih baik, terutama untuk kesehatan paru-parunya dan juga membuat stamina dan daya tahan burung lebih baik.

Baca Juga : Cara Melatih Pernafasan Lovebird Agar Ngekek Panjang

Selain itu, pengembunan juga bisa membantu pemulihan lovebird lovebird yang sedang macet bunyi.

Jadi, setiap pagi hari sambil sangkar lovebird di krodong, di keluarkan untuk di embunkan, setelah beberapa menit hingga burung sudah beradaptasi dengan suhu di luar, maka kerodongnya bisa di buka sedikit demi sedikit.

  1. Mandi Air Dingin

Untuk terapi selanjutnya, ketika matahari mulai muncul pada pagi hari, burung dimandikan dengan air dingin.

Air dingin yang digunakan bisa di ambil dari kulkas atau air dingin yang di simpan di luar rumah pada pagi hari. Namun, jangan terlalu dingin juga, yang penting cukup lebih dingin dari air yang di ambil dari bak atau sumur.

  1. Pakan dan racikan

Untuk pemberian pakan pada saat lovebird macet bunyi, lovebird di berikan milet putih dan juga jagung muda.

Selain itu, untuk mendukung proses pemulihannya, berikan pula air rebusan daun sereh/serai atau juga daun pucuk muda mengkudu.

Untuk membuat rebusan daun sirih, bisa merendam serai/sereh di air yang hangat dan tunggu hingga airnya berubah menjadi bewarna kemerahan. Setelah dingin, bisa diberikan pada lovebird yang di simpan di cepuk air minumnya.

Lihat Juga : Cara Merawat Lovebird Konslet

  1. Berikan Untulan/pasangan

Salah satu penyebab lovebird macet bunyi bisa disebabkan karena lovebird terlalu lama sendirian, untuk itu lovebird diberikan pasangan untuk membantu pemulihan stress yang membuatnya menjadi macet bunyi.

  1. Suplementasi

Jika cara di atas belum bisa membantu pemulihan lovebird atau sebagai pemulihan tambahan, maka bisa memberikan suplementasi khusus untuk burung yang sedang macet bunyi yang bisa di beli di kios burung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.