Rahasia Merawat dan Mencetak Lovebird Konslet Yang Tepat

  • Whatsapp
lovebird konslet

Ngekek fighter dan ngekek konslet pada lovebird merupakan hal yang di inginkan dari kalangan lovebirdmania, karena memiliki kelebihan yang menjadikannya digemari kicaumania Indonesia.

Lakbet konslet memiliki gaya yang khas, dimana ketika ngekek, lovebird konslet cenderung cuek, santai dan fokus pada suara ngekeknya, tanpa terpengaruh oleh burung lovebird lainnya.

Nah, hal tersebut merupakan hal yang di inginkan oleh pemiliknya, apalagi lovebird konslet tersebut mampu ngekek dengan durasi yang panjang, sekitar 1 sampai 2 menit.

Namun, untuk mendapatkan lovebird ngekek konslet dengan  durasi panjang, bukan perkara yang mudah untuk dilakukan ada beberapa hal yang penting untuk di perhatikan dan di terapkan dalam perawatannya.

Cara Mencetak Lovebird Konslet

Untuk membuat lovebird ngekek konslet memang membuatuhkan beberapa hal penting untuk dilakukan, seperti :

  • Memilih Anakan
  • Perawatan harian
  • Mempersipkan lomba

Untuk mencetak lovebird anakan agar ngekek konslet hingga dewasa, proses memilih , perawatan harian hingga mempersiapkan lomba menjadi hal perlu untuk di pertimbangkan.

Untuk merawat anakan lovebird konslet dari keturunan konslet memang memiliki peluang menjadi ngekek konslet, namun jika tidak di dukung denagan perawatan harian dan mempersipkan untuk lomba, maka hasilnya tidak akan baik.

Berbeda halnya dengan merawat lovebird konslet yang baik dan benar, maka lovebird tersebut selain memiliki potensi ngekek, akan tetapi ngekek konsletnya tersebut akan konsisten dan juga tahan lama.

Baca Juga : Perbedaan Lovebird Fighter dan Konslet

  1. Merawat Lovebird Konslet

Kunci utama dalam merawat lakbet konslet, jika sudah menemukan setingan yang tepat dalam perawatan harinnya, maka sebaiknya jangan di ubah-ubah, karena bisa membuat burung menjadi bingung.

Untuk itu, sebagai tips merawat lovebird konslet harian, diantaranya :

  • Pada jam 06.00 burung di keluarkan untuk di embunkan
  • Memandikan sekitar jam 07.00, lalu di angin-anginkan sekitar 10 menit ( jangan dijemur dulu )
  • Setelah di angin-anginkan, burung baru di jemur selama 1 – 2 jam untuk dewasa dan untuk anakan cukup 30 menit saja
  • Sekitar jam 11.00 hingga sore hari burung di angin-anginkan di tempat yang sejuk hingga sore hari

Hal yang penting lainnya agar burung ngekek konslet adalah dengan menjaga birahinya tinggi, namun stabil, karena jika terlalu tinggi hingga tak terkontrol di khawatirkan akan bertingkah tidak karuan dan menurun kualitas suaranya

Jika memungkinkan, sebagai optional, burung bisa dimandikan pada saat sore hari ketika jam 17.30.

  1. Pakan Lovebird Konslet

Untuk menunjang lovebird konslet agar rajin ngekek panjang adalah dengan memberikan pakan yang tepat, karena masih terkait dengan birahi burung itu sendiri.

Untuk pakan yang bisa diberikan seperti sayuran, buah-buahan, voer untuk lovebird dan Multivitamin untuk menjaga kebugarannya sebanyak 2 -3 tetes saja.

Untuk pakan jagung muda, cukup di berikan sebanyak 3 butir saja, sedangkan untuk pakan dari kangkung di berikan untuk mendongkrak birahinya.

Dengan memberikan pakan di atas, maka pantau terus burung tersebut birahinya, jika burung mau ngekek dengan durasi panjang, maka pertahankan setingan pakan yang diberikan.

Akan tetapi, jika setingan pakan yang diberikan menjadi terlalu birahi burung, maka tinggal di kurangi pemberian kangkung, menambah durasi mandi dan kurangi jemur.

Baca Juga : Cara Menurunkan Birahi Lovebird

  1. Racikan Milet Konslet

Untuk meracik milet untuk lovebird konslet bisa menyimpan 1 siung bawang putih dan beberapa genggam milet ( di kira-kira saja ).

Parut hingga halus bawang putih tersebut,lalu di simpan ke dalam air hangat, setelah airnya menjadi dingin, masukan milet tersebut dan rendam milet tersebut hingga menyerap beberapa jam, lalu jemur dan setelah kering, berikan racikan milet tersebut ke lovebird anda.

Note : sebelum di rendam, sebaiknya milet di jemur terlebih dahulu, agar ketika di rendam, dapat menyerap air, hingga air bawang putih tersebut menyerap kedalam biji milet.

  1. Lovebird Latah

Untuk membuat lovebird latah, bisa sering memancingnya dengan suara lewat lain, seperti menggunakan Mp3.

Lihat Juga : Suara Lovebird Fighter dan Konslet

Selain itu, lovebird latah juga bisa di sebabkan oleh birahi lovebird yang tinggi tapi stabil, untuk itu bisa mengaturnya lewat memberikan pakan yang dapat meningkatkan birahi burung, seperti kangkung dan jagung.

  1. Latih Bersama Untulannya

Dalam merawat Lovebird konslet membutuhkan untulan atau pasangan untuk mengontrol birahinya, untuk itu ketika dimandikan dan di jemur bisa bersamaan dengan untulannya, dan untuk penjemuran bersama untulannya cukup dilakukan 15 menit saja.

Ketika naik ke gantangan, lovebird di pisahkan dari kandang untulannya, dan ketika lomba selesai, maka bisa di satukan kembali.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.