Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Agresif/Menyerang Pada Pasangannya

  • Whatsapp
lovebird galak pada pasangannya

Dalam perawatan burung lovebird dan di alam liar tentunya memiliki perbedaan yang mencolok, dan tentunya ketika lovebird di pelihara di dalam sangkar atau penangkaran dalam merawatnya berbeda, yang membutuhkan perawatan khusus , agar burung mendapatkan kondisi terbaiknya, termasuk mencegah lovebird menjadi agresif dan cenderung menyerang pasangannya dan menyakitinya.

Ya, tentunya jika salah satu atau kedua lovebird menjadi agresif dan cenderung melukai yang lainnya, hal tersebut akan membuat salah satu burung menjadi rawan stress dan terluka.

Lovebird yang menyerang pasangannya, bisa di sebabkan oleh berbagai hal, yang mungkin tidak disadari atau tidak di ketahui oleh pemiliknya.

Ketika lovebird hidup di alam liar, tentunya segala aktifitas yang ingin dilakukan oleh lovebird tersebut bisa mudah untuk dilakukan, seperti mencai makanan, bermain, memilih pasangan sendiri, mandi hingga berjemur dapat dilakukannya sendiri.

Namun, ketika lovebird di pelihara di kandang/sangkar/penangkaran tentunya aktifitasnya terbatas, tergantung perawatan pemiliknya.

Penyebab Lovebird Agresif dan menyerang pasangannya

 Lovebird menjadi galak tentunya ada faktor yang memicu burung memiliki sifat seperti itu, dan itu hal-hal wajar saja ketika dalam perawatannya tidak dilakukan dengan cara yang tepat.

Sebelum mengatasi lovebird yang terlanjur galak pada pasangannya, untuk itu mari kita ketahui tersebut dahulu tentang penyebabnya.

  1. Proses Pendekatan

Jika lovebird yang galak pada calon pasangannya tentunya hal yang wajar-wajar saja, untuk itu perlu untuk melakukan pendekatan, sebelum lovebird di satu kandangkan.

Untuk mengetahui proses penjodohan lovebird, bisa membaca panduannya pada artikel yang pernah saya bahas sebelumnya, LIhat : Cara Menjodohkan Lovebird .

Sebagai contoh, jika lovebird yang akan di jodohkan, lovebird betina di simpan di kandang yang akan di ternak lebih dahulu dari jantan, maka biasanya betina akan lebih agresif daripada jantan, begitu juga dengan sebaliknya.

Namun, hal tersebut tidak terjadi ketika lovebird hidup di alam liar, lovebird akan mencari pasangannya masing-masing ketika burung lovebird jantan dan betina sudah siap kawin, secara alami akan mudah berjodoh dan kawin, dan tersinkronisasi secara alami dengan sendirinya.

Berbeda ketika lovebird di jodohkan di kandang ternak, maka butuh proses penjodohan dan kadang memerlukan waktu tidak sebentar, dan perlu pendekatan terlebih dahulu satu sama lainnya.

  1. Lovebird Jenuh

Lovebird berubah menjadi galak, bisa di sebabkan oleh beberapa hal, seperti lovebird lovebird yang mengalami kejenuhan, dan kejenuhan itu sendiri bisa di sebabkan karena burung sering di simpan dengan situasi dan kondisi seperti itu-itu saja setiap harinya.

berbeda halnya ketika lovebird hidup di alam liar, lovebird bisa melakukan banyak hal, seperti berinteraksi dengan burung lainnya, bermain, melihat lingkungan baru dan lain sebagainya, sehingga lovebird bebas dari kejenuhan.

Solusi terbaik untuk membuat burung terhindar dari kejenuhan adalah dengan cara membuat kandang koloni atau beberapa kali dalam seminggu burung di simpan di kandang yang luas untuk menghabiskan waktunya bermain.

Cara Mengatasi Lovebird Galak Pada Pasangannya

Untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan, maka untuk perawatannya adalah :

  1. Pisahkan Lovebird

Kalau lovebird sudah galak,pada pasangannya ya mau tidak mau harus dipisahkan terlebih dahulu satu sama lainnya, agar salah satu tidak menyakiti dan tersakiti.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Lovebird

Dengan memisahkannya terlebih dahulu guna untuk memberikan pengalaman dan lebih dewasa lagi terhadap burung ketika nanti di jodohkan kembali, sehingga diharapkan lovebird akan mudah di jodohkan kembali.

  1. Lovebird yang terintimidasi simpan di kandangnya

Lovebird yang selama ini terintimidasi oleh pasangannya tersebut jangan di keluarkan dari kandangnya tersebut, hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan burung menjadi penguasa baru di kandang tersebut, sehingga mental dan kepercayaan dirinya terbangun kembali.

  1. Penjodohan Ulang

Setelah burung di pisahkan satu sama lain, hingga beberapa minggu, maka lovebird perlu di jodohkan ulang kembali.

  1. Simpan dikandang Umbaran

Karena lovebird bosan yang membuatnya menjadi menjadi agresif, maka seminggu 2 sampai 3 kali burung di simpan di kandang umbaran beberapa setiap harinya, agar lovebird mendapatkan suasana baru, aktifitas yang menguras energy dan aktifitas lainnya yang tidak bisa dilakukan ketika di sangkarnya, sehingga mentalnya kembali pulih.

Selain itu ketika di kandang umbaran tersebut, lovebird di berikan aksesoris , seperti tanaman rimbun, agar burung memiliki waktu sendiri atau privasi hingga beberap waktu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.