Jenis Burung Lovebird dan Gambarnya Mulai dari Harga Murah Hingga Termahal

  • Whatsapp
jenis burung lovebird

Burung lovebird tergolong jenis burung yang memiliki banyak jenis yang dibedakan berdasarkan warnanya, namun meskipun begitu lovebird tersebut merupakan satu jenis yang sama.

Ya, keunikan dari warna burung lovebird yang membuatnya memiliki banyak jenis yang dibedakan berdasarkan warnanya.

Semakin bagus warna bulunya dan juga unik , apalagi terlihat mewah, maka harga lovebird akan mahal juga, seperti lovebird biola dan jenis lovebird lainnya.

Dari kalangan kicaumania, memang ada 2 jenis lovebird, seperti lovebird jenis ngekek panjang dan juga lovebird jenis warna.

Pada dasarnya sama saja, antara lovebird warna dan lovebird durasi ngekek. Akan tetapi, biasaya untuk lovebird durasi ngekek panjang juga memiliki harga yang mahal jika memiliki suara kicauan yang berkualitas, seperti lovebird kusumo yang memiliki warna bulu josan ( ijo standar ) .

Jadi, jika rekan-rekan kicaumania yang ingin membeli burung lovebird perlu menentukan, jenis lovebird apa yang akan dipilih. Namun, jika ingin membeli lovebird jenis warna, maka bisa ngekek atau engga harganya akan tinggi.

Jenis Burung Lovebird dan Harganya

gambar burung lovebird

Gambar burung lovebird

burung lovebird tergolong jenis burung peliharaan yang cukup mudah untuk dipelihara, tidak ribet seperti merawat burung lainnya seperti murai batu, burung kacer dan juga burung anis merah. Dan bagi anda seorang pemula yang ingin belajar memelihara burung peliharaan, maka memelihara lovebird bisa dipilih.

Namun, meskipun burung lovebird mudah untuk di pelihara, akan tetapi untuk membuat burung bisa ngekek dengan durasi panjang, tentunya harus dirawat dengan tips khusus untuk kualitas kicauannya bagus, apalagi lovebird tersebut nantinya di pelihara akan di ikut lombakan.

  1. Lovebird Josan ( Hijau Standar )

lovebird josan

Lovebird yang satu ini merupakan jenis lovebird yang mudah di temukan di pasar, karena harga lovebird josan cukup murah, hanya beberapa ratus rebu saja, bisa membeli sepasang lovebird.

Namun, meskipun harga yang murah, lovebird ini juga memiliki prosfek yang baik yang membuat harganya menjadi mahal, jika lovebird tersebut mampu ngekek dengan durasi yang panjang, seperti lovebird kusumo.

Untuk ciri-ciri fisik itu sendiri, lovebird josan memiliki warna dominan hijau, namun untuk bulu dibagian dada dan lehernya memiliki warna bulu kuning ke orange-orangean dan kadang kemerahan. Namun terkadang, lovebird josan juga memiliki warna hitam dibagian kepala belakangnya dan wajahnya, yang biasa di sebut “Cemong “ .

Lihat Juga : Daftar Harga Burung Lovebird Semua Jenis

  1. Lovebird Pasjo ( Pastel Hijau )

lovebird pasjo

Lovebird pasjo memiliki kemiripan dengan lovebird josan dari sisi warna, namun yang namanya pastel, tentunya warna hijau yang dimiliki oleh jenis lovebird ini tidak sekontras lovebird hijau standar warna hijaunya, dan cenderung agak pudar.

  1. Lovebird Fischery

lovebird fischery

Lovebird Fischery memiliki beberapa warna, seperti Blue Fischery, Hijau Fischery, Blue Dark Fischery, Violet Fischery, Batmen Fischery dan lain sebagainya.

Seperti lovebird pada umumnya, lovebird ini memiliki warna dominan masing-masing di bagian tubuhnya sesuai jenisnnya, contohnya lovebird Blue Fischery memiliki warna bulu biru di bagian tubuhnya, dan memiliki warna putih bagian lehernya, sedangkan untuk bagian kepala belakang dan pundaknya memiliki warna hitam.

  1. Lovebird Albino

lovebird albino

Seperti pada hewan albino lainnya dimana tubuhnya memiliki warna putih, burung lovebird juga memiliki warna bulu putih di bagian seluruh tubuhnya, dan memiliki warna mata merah cerah.

  1. Lovebird Biola

gambar lovebird biola

Gambar Lovebird biola Partblue

Lovebird biola seakan menjadi jenis lovebird primadona, nilai harga jual beli lovebird untuk jenis ini tergolong mahal, meskipun akhir-akhir ini harganya naik turun, namun harga lovebird biola tergolong paling bertahan, tidak terlalu jatuh harganya seperti jenis lovebird lainnya.

Untuk jenis lovebird ini, ada beberapa varian warna, seperti :

biola green

Biola Green

lovebird biola lutino

Foto Biola Lutino

lovebird biola euwing

Biola Euwing

Lihat Juga : Kumpulan Suara Burung Lovebird Masteran

  1. Lovebird Batman

gambar lovebird batman

Gambar lovebird batman

Lovebird batmen, memiliki warna dominan hitam di bagian tubuhnya, terutama bagian sayapnya. Untuk bagian lehernya, lovebird ini memiliki warna putih, sedangkan untuk leher dan mukanya itu tergantung jenisnya.

Seperti lovebird batmen cemong, memiliki warna hitam dibagian mukanya, sedangkan batman Fischery memiliki warna bulu leher dan muka putih dan bagian pundak dan kepala atasnya memiliki warna bulu hitam, seperti pada jenis lovebird Fischery lainnya. lengkpanya bisa di lihat pada gambar di bawah ini.

lovebird batman fischery

Lovebird batman fischery

  1. Lovebird Lutino

lovebird lutino mata merah

Warna dominan lovebird lutino ini memiliki warna kuning yang bersih, namun untuk bulu sayap bagian dalamnya memiliki warna putih bersih, sedangkan dibagian pangkal ekornya ada warna orange kemerahan yang membuatnya terkesan elegan.

Lovebird lutino memiliki beberapa jenis, seperti lovebird lutino yang memiliki warna mata merah, lutino bermata retina merah dan juga warna mata hitam. Dan biasanya lovebird lutino yang memiliki mata merah memiliki harga yang lebih mahal dari lovebird lutino mata hitam.

  1. Lovebird Violet

lovebird violet

lovebird violet

Lovebird Violet memiliki warna bulu Violet tua di bagian tubuh atasnya, sedangkan untuk bagian bawahnya memiliki warna violet agar muda.

Sedangkan untuk bulu bagian tubuh atasnya, seperti lehernya bewarna putih dan memilki warna hitam dibagian kepala dan wajarnya.

Lovebird violet juga memiliki jenis lovebird violet Fischery, dimana warna leher dan wajahnya bewarna putih bersih dan bagian leher dan kepala belakang memiliki warna hitam, dan biasanya violet Fischery memiliki warna bulu yang lebih cantik dibandingkan dengan violet biasa pada umumnya, termasuk haganya lebih mahal violet Fischery.

foto burung lovebird violet fischery

Foto burung lovebird violet fischery

  1. Lovebird Personata

lovebird personata

Lovebird perso kependekan dari jenis lovebird personata, dimana yang menjadikan lovebird ini unik, adalah dimana lovebird tersebut memiliki warna hitam pekat di bagian kepala dan mukanya yang melingkar/ngalung, semakin pekat warna hitamnya, biasanya akan di anggap bagus, begitu juga untuk harga jualnya.

Untuk lovebird perso itu sendiri, sering ditemukan memiliki warna tubuh yang berbeda, seperti :

  • Hijau
  • Violet
  • Batmen

lovebird batmen perso

Baca Juga : Makanan Burung Lovebird

  1. Lovebird Sable Head

lovebird sable head

Lovebird sable head memiliki warna kepala dan leher mirip kepala elang, oleh karenanya, lovebird ini sering dijuluki lovebird elang, karena memiliki kemiripan warna bulu di bagian kepalanya. Untuk warna leher itu sendiri ada yang memiliki warna putih bersih, kuning bersih dan warna lainnya, pokonya, mirip burung elang bagian leher dan kepalanya karena vareasi bulunya.

  1. Lovebird Euwing

lovebird euwing

Lovebird jenis euwing memiliki sayap yang unik, dimana warna hijau pada sayapnya tercampur warna gelap. Selain itu jenis euwing ini memiliki bentuk sayap yang tidak rapat.

  1. Lovebird Blorok

lovebird blorok

Jika biasanya burung lovebird memiliki warna bulu yang tergolong standar, namun untuk warna bulu lovebird blorok cenderung tidak teratur untuk warnanya.

Dan untuk lovebird itu sendiri warna dominan tubuhnya bervareatif, seperti :

  • Partblue blorok
  • Blorok hijau
  • Blorok green series
  • Lovebird merah blorok
  • Dan lain sebagainya
  1. Lovebird Halfsider

lovebird halfsider

Lovebird halfsider cenderung langka untuk ditemukan, karena jenis ini memilki 2 warna dominan, seperti pada gambar di bawah ini.

  1. Lovebird Parblue

lovebird partblue

Lovebird parrblue memiliki kemiripan dengan lovebird Fischery, namun untuk bulu bagian leher lovebird Partblue memiliki warna bulu kuning dan orange.

  1. Lovebird Cobalt

lovebird cobalt

Lovebird Cobalt

Lovebird cobalt pada dasarnya memiliki warna dominan seperti warna telur asin, dan jenis cobalt juga ada dua jenis, seperti cobalt standar dan juga cobalt Fischery, yang di bedakan pada bagian bulu bagian atasnya, seperti kepala, leher dan mukanya.

cobalt fischery

Lovebird Cobalt Fischery

  1. Lovebird Olive

lovebird olive

Lovebird oliver memiliki persamaan dengan lovebird ijo standar, namun lovebird olive memiliki warna tubuh yang hijau gelap sedikit kecoklatan.

Baca Juga : Perbedaan Lovebird jantan dan Betina

  1. Pastel Putih ( pasput )

lovebird pastel putih

Lovebird pastel putih atau biasa disebut juga dengan pasput memiliki warna tubuh putih, namun warna putihnya tersebut tidak bersih, alias sudah tercampur dengan warna lainnya, sehingga terlihat kotor, tidak sebersih warna lovebird lutino

  1. Pastel Kuning ( Paskun )

lovebird pastel kuning

Pastel kuning memiliki persamaan bulu dengan lovebird lutino, namun warnanya tidak sebersih lovebird lutino, dan cenderung memiliki warna kuning yang agak kotor.

Lovebird pastel kuning memiliki 2 jenis, seperti pastel kuning yang agak bersih cerah warna kuningnya, dan ada juga pastel kuning yang terlihat kotor yang sedikit tercampur dengan warna lainnya.

  1. Pastel biru ( Pasbir )

lovebird pastel biru

Seperti lovebird pada umumnya, lovebird tersebut memiliki warna dominan, namun memiliki warna yang agak pudar, termasuk lovebird pasbir, dimana warna biru yang dimiliki pada bulunya agak pudar dan agak kotor yang sedikit tercampur dengan warna lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.