Cara Jebol Birahi Lovebird Jantan Agar Ngekek Konslet

jebol birahi lovebird

Birahi pada burung lovebird merupakan hal penting untuk di perhatikan, terutama kestabilan birahi burung itu sendiri.

Dengan birahi yang stabil, maka burunglovebird bisa mengeluarkan suara ngekek dengan rajin, namun apa jadinya jika birahi lovebird itu sendiri kurang, atau malah menjadi berlebihan. Ya, tentunya akan mempengaruhi kualitas burung itu sendiri.

Namun apa jadinya jika birahi lovebird berlebih ? banyak dari lovebirdmania yang menghindari momongannya tersebut memiliki birahi yang tinggi, karena dapat membuat perilaku gestang atau menggesekan duburnya ke tangkringan.

Akan tetapi, ada beberapa lovebirdmania justru sengaja membuat lovebirdnya tersebut memiliki birahi yang tinggi, atau lebih dari gestang yang sering di sebut jebol birahi.

Cara Jebol Birahi Lovebird Jantan

Untuk membuat lovebird jebol birahi, cara ini hanya bisa dilakukan untuk lovebird jantan, karena jika dilakukan terhadap lovebird betina tidak cocok, dan bahkan bisa membuat kualitas burung menjadi rusak.

Hal yang mencari ciri-ciri lovebird jantan jebol birahi adalah, dimana burung tersebut sering mengesek-gesekan dubuhnya ke tangkringan sambil ngekek, dan biasanya jika berhasil dari cara jebol birahi yang dilakukan tersebut dapat membuat burung menjadi ngekek konslet.

Seperti yang banyak orang ketahui, bahwa ngekek konslet pada lovebird merupakan hal yang bagus, karena ketika lovebird konslet sedang ngekek, maka cenderung cuek dengan burung lovebird lainnya dan fokus pada suara yang dikeluarkannya tersebut.

Lihat Juga : Cara Menjinakan Lovebird

Untuk melakukan tips jebol birahi lovebird diantaranya :

  1. Pakan Drongkrak Birahi

Untuk mendrongkak birahi burung menjadi naik, maka pakan kangkung di berikan setiap harinya, dan berikan juga pakan dari jagung masin muda, namun berikan jagung secukupnya saja.

  1. Pakan Biji-bijian

Pakan biji-bijian sebaiknya di berikan dengan banyak vareasi jenis biji-bijian, seperti milet putih dan merah, canary seeed, biji bunga matahari atau kwaci dan lain sebagainya.

  1. Multivitamin Breeder

Multivitamin untuk breeder memiliki manfaat untuk membuat organ reproduksi berkembang dengan baik, begitu juga dapat membantu birahi burung menjadi naik.

Untuk itu, agar semakin cepat naik, tingkat birahi burung, maka multivitamin untuk breeder diberikan setiap harinya yang dicampur dengan air minumnya.

  1. Perawatan harian

Untuk perawatan lovebird juga di khususkan untuk peningkatan birahi burung, seperti menjemurnya lebih lama dari durasi sebelumnya dan untuk memandikannya cukup dilakukan sepertlunya saja, yang penting bulunya basah, dan hindari memandikan lovebird ketika malam hari karena bisa membuat birahi burung turun.

Untuk pengembunan di kurangi menjadi 2x dalam seminggu.

  1. Lingkungan Pendukung

Agar semakin tinggi lagi birahi lovebird, maka sering-seringlah mendekatkan lovebird yang akan dibuat jebol birahinya dengan burung yang sedang di ternakan.

Dengan seringnya melihat lovebird lain kawin, maka akan semakin memuncak birahi lovebird itu sendiri.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk menyipan burung di tempat banyak lovebird yang di ternakan, maka bisa menjauhkan betina dan jantan tersebut ditempat penyimpanannya.

Dalam perawatan hari lovebird yang akan di buat jebol birahinya, sebaiknya jangan melakukan perawatan yang aneh-aneh, misalkan memberikan pakan yang aneh-aneh atau suplemen dan vitamin yang aneh-aneh yang di khawatirkan dapat membuat bulu burung menjadi rontok atau rusak.

Ciri-ciri dan Manfaat Jebol Birahi Lovebird

Jika sudah melakukan perawatan yang dilakukan untuk membuat jebol birahi lovebird, maka tinggal pantau saja hasilnya.

Untuk ciri-ciri lovebird yang sudah jebol birahinya adalah bisa dilihat dari seringnya burung melet-melet dengan durasi yang lama dan ngekek sambil manggut-manggut atau sambil menggesekan dubunya ketangkringan.

Adapun untuk manfaat lain, diantaranya :

  • Ketika birahi lovebird sudah jebol, maka burung akan mudah konslet
  • Burung mejadi lebih sering aktif ngekek dan gacor
  • Burung lebih prosfek juara lomba karena durasi ngekeknya panjang dengan rapat jedanya

Cara Membuat Lovebird Konslet

Setelah melakukan perawatan yang telah disampaikan diatas dan melihat ciri-ciri burung sudah jebol birahinya, maka untuk selanjuntya adalah dengan membuatnya konslet.

Untuk membuat konslet  pada lovebird yang sudah jebol birahi, maka bisa memberikan betina atau pasangan terlebih dahulu agar semakin memuncak birahinya.

Jika burung sudah menemukan betina yang cocok dan sudah berjodoh, maka bisa di satukandangkan dikdandang ternak lengkap dengan glodoknya, namun jangan sampai kawin.

Untuk menjodohkan lovebird yang sedang jebol birahinya memang tidak mudah, maka rekan-rekan, bisa membaca penjelasan sebelumnya tentang cara menjodohkan lovebird.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Lovebird

Selain dapat membuat lovebird menjadi konslet dengan memberikan pasangan atau untulan, dengan memberikan pasangan juga dapat membuat birahinya ngunci dan stabil maka dari peratawan dan petabilan saat lomba akan mudah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.