Cara Melatih Mental Burung Murai Batu Agar Keluar Fighternya

  • Whatsapp
Cara Melatih Mental Burung Murai Batu

Burung murai batu merupakan salah satu jenis burung hias yang merdu suaranya, dan tak jarang banyak diikutkan lomba. Ada dua jenis yang ada saat ini. Pertama yang hidup liar di hutan lalu ditangkap. Kedua yang melalui penangkaran.

Dibandingkan yang berasal dari alam, hasil  dari pengembangbiakan ini cenderung lebih mudah diatur dan dilatih. Dia juga akrab dengan manusia, meski kekurangannya tidak selincah burung-burung liar yang hidup bebas. 

Cara Melatih Mental Burung Murai Batu

Nah, selain berfungsi sebagai penghias rumah, tak jarang burung-burung cantik tersebut juga diikutkan pada sebuah lomba. Keuntungannya selain meningkatkan gengsi sang pemilik, dapat mengeruk uang lebih, bila memenangkan kejuaraan dan bermaksud untuk dijual lagi. Sangat berpotensi sekali dijadikan ajang bisnis dengan nilai keuntungan super fantastis.

Ada beberapa tehnik mental burung murai batu ini. Di samping burung lebih berani ketika berhadapan dengan burung lain, juga mampu mengeluarkan suara indah. Caranya :

  1. Sistem buka-tutup kerodong

Langkahnya :

  • Letakkan burung batu yang berada di dalam sangkar ke lantai. Lalu tutup rapat dengan kain. Beri jarak masing-masing sekitar 4-6 meter. Bedakan antara murai batu yang sudah siap mental dengan yang belum. Buat yang belum ini tapi sudah memperlihatkan keinginan untuk mengeluarkan suaranya, sebaiknya ditutup terlebih dulu selama beberapa menit. Sementara yang sudah berani dibiarkan terbuka.
  • Perhatikan murai yang tertutup. Bagaimana reaksinya. Apakah sudah mau membalas kicauan burung yang sudah mapan di dekatnya, ataukah belum. Bila ada reaksi, buka sedikit penutupnya kemudian perhatikan lagi, apakah dia berani mengintip ke arah luar temannya ataukah tidak.
  • Bila sudah berani, buka tutupnya selama setengah menit. Lalu tutup kembali dan biarkan selama 10-15 menit. Biarkan dia gacor.
  • Selanjutnya kembali buka selama 30 menit lagi. Tutup kembali dan jauhkan dari teman-temannya. Biarkan dia murai sendirian. 

Lihat Juga : Penyebab dan Cara mengatasi Burung Murai batu kurang Ngotot

Pelatihan tersebut harus dilakukan secara berulang-ulang. Minimal selama seminggu full atau benar-benar murai berani. Setelah itu, uji nyali dengan membawanya ke arena latber sebenarnya.

  1. Pancingan suara gathering murai batu

Caranya yaitu dengan posisi atas-bawah. Meletakkan murai yang akan dilatih di lantai. Kemudian dekatkan dengan murai yang  berada di sangkar tetap tergantung di tiang. Lalu perhatikan frekwensi suaranya. Berikut beberapa jenis simulasi gathering yang bisa diukur :

Suara  simulasi gathering murai batu 1 | [Download not found]

Suara simulasi gathering murai batu 2 | [Download not found]

Suara simulasi gathering murai batu 3 | [Download not found]

Suara simulasi gathering murai batu 4 | [Download not found]

Suara simulasi gathering murai batu 5 | [Download not found]

Lihat Semua Suara Murai Batu : Suara Burung Burung Murai Batu Mp3

  1. Treatment kimiawi

Trik terakhir adalah dengan memberikan suplemen hormonal khusus yang bisa meningkatkan mental bertarung burung, seperti suplemen untuk meningkatkan hormone testosterone pada burung. Biasanya hal tersebut mulai diberikan saat usianya sudah 4 bulan. Dan menjadi salah satu cara yang Dipercaya banyak pemelihara burung, yang Dapat dibeli bebas di toko online dan fisik.

Selanjutnya bila burung hendak dilombakan maka dosisnya bisa ditambah lagi dengan multivitamin. Vitamin-vitamin tersebut juga sudah teruji secara klinis mampu meningkatkan stamina burung saat bertarung di lapangan. 

Semua suplemen dan multivitamin tadi bisa Anda peroleh secara bebas melalui toko online, maupun agen-agen toko keperluan hewan ternak yang banyak tersebar di kota-kota Anda. 

Demikian cara melatih mental burung murai batu. Sekalipun terlihat mudah, tapi semua membutuhkan ketelatenan para pemiliknya untuk melatih. Untuk mendapatkan hasil bagus memang perlu perjuangan. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *