Penyebab Dan Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi Agar Gacor kembali

burung kacer macet bunyi

Pada dasaranya merawat burung kacer juga hampir sama dengan burung murai batu. Suara lantang dan nyaring, masih menjadi nilai plus mereka. Akan tetapi, bagaimana bila suatu saat burung kacer macet bunyi, atau kehilangan kemauan berkicaunya?

Penyebab Burung Kacer Macet Bunyi

Sebelum melakukan perawatan khusus untuk mengembalikan antusiasnya dalam berbunyi, kenalilah terlebih dahulu faktor-faktor pemicunya. Sehingga dapat dilakukan penangan tepat. 

  1. Burung memasuki masa mabung

Tahap ini konon ditengarai sebagai salah satu penyebab burung macet, tak mau mengeluarkan suaranya. Mabung adalah suatu masa di mana burung mengalami proses kerontokan bulu-bulu di tubuhnya. Ini sebenarnya siklus tahunan dan biasa dialami semua jenis burung.

  1. Sebagai akibat gangguan pernapasan

Pernapasan yang sedang bermasalah juga memicu terjadinya terganggunya pita suara. Akibatnya suara menjadi hilang atau pecah. Tidak bisa fokus nyaring dan lantang. Sebab lain juga bisa. Misalnya tungau yang secara tiba-tiba menempel di kantung udara (air sac mites). 

  1. Karena infeksi tungau

Bila burung terindikasi infeksi ini, biasanya mudah terbaca dengan jelas. Yakni bila dalam kesehariannya terlihat lincah dan bergairah, mendadak dalam satu waktu mereka kehilangan semangatnya. Menjadi lebih pendiam. Bahkan tak jarang sering terdeteksi sedang mematuk-matuk bulunya untuk dicabuti. Sehingga bulu terkesan berantakan saat dilihat. Rusak di sana-sini.

  1. Burung sedang mengalami stres

Secara umum, hal-hal di atas tadi merupakan faktor penyebab burung mengalami stres. Termasuk  burung kalah lomba, atau mendengar kicauan burung lain di dekatnya dalam jangka waktu lama. 

Atau sangkar yang tiba-tiba terjatuh ke tanah. Tentu keadaan tersebut menyebabkan dirinya syok untuk sementara waktu, sehingga berdampak pada suaranya. Demikian pula jika burung pernah terlepas dan tertangkap kembali. Pasti membuatnya terlihat marah dan jengkel. Karena sudah merasa bebas, tiba-tiba harus terkurung kembali.

Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

Nah, setelah Anda mengetahui secara jelas penyebab pastinya burung kacer macet bunyi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan sesuai faktor pemicunya. Seperti berikut ini!

  1. Melakukan perawatan mabung

Memberi waktu burung untuk beristirahat. Tidak menyuruhnya melakukan kegiatan apapun seperti memaksanya berkicau. Sampai benar-benar masa ini berlalu, sebaiknya biarkan burung menuntaskan prosesnya tersebut. 

  1. Tidak meletakkan sangkar di dekat jalan berdebu

Debu menjadi salah satu faktor pemicu. Selain itu kebersihan kandang juga harus selalu dijaga kebersihannya. Tidak membiarkan kotoran menumpuk terlalu lama dan membersihkan sisa-sisa pakan yang tercecer dan juga air minumnya yang kotor, merupakan cara yang harus dikerjakan. Mencuci kandang sesekali dengan disinfektan seperlunya.

  1. Menyemprot atau memandikan burung

Mandi selain bertujuan membangkitkan birahi burung, juga bertujuan melenyapkan tungau yang melekat pada tubuh si burung. Gunakan disinfektan khusus yang ditujukan mengatasi keluhan ini. Jadi antara burung dan sangkarnya, harus bisa terbebas dari segala kuman atau virus penyebab tungau-tungau tersebut datang menyerang tubuh burung. Termasuk jamur, bakteri, kutu dan parasit lain.

Burung kacer macet bunyi ? atasi dengan suara pancingan betina agar mau berkicau kembali . Lihat Suara Burung Kacer Betina .

  1. Memberikan perawatan lain

Meliputi :

  • Segera menjauhkannya dari burung lain, Hal tersebut bertujuan agar burung kembali tenang dan dapat cepat pulih keadaanya
  • Menyediakan tempat yang nyaman bagi burung, Dengan diberikan kerodong untuk beberapa hari.
  • Memberikan full EF.Memberikan jangkrik minimal 3-5 ekor perhari pada waktu pagi dan sore. Sementara kroto 1 cepuk ketika pagi dan 1 sendok teh pada sore hari. Juga voer yang mengandung banyak mengandung vitamin dan nutrisi penting, yang diperuntukkan secara khusus menangani stesnya.
  • Mengurangi durasi mandi dan penjemuran Selama masa terapi, sebaiknya dua hal tersebut harus diatur frekwensinya. Yakni jangan terlalu sering dimandikan dan terlalu lama dijemur.
  • Memberikan suplemen tambahan.Pemberian ini bertujuan meningkatkan kadar testoteronnya, sehingga burung terangsang untuk kembali lagi berbunyi
  • Memutarkan audio brainwave .Tak hanya manusia, penerapan pada burung kesayangan pun terbukti ampuh memberikan ketenangan. Adapun frekwensi yang biasa digunakan adalah alpha, theta, dan delta. 

Demikian tadi paparan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi burung kacer macet bunyi. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.