Burung Anis Merah: Perawatan Harian, Lomba, Mabung, Over Birahi, Drop, Pakan

  • Whatsapp
burung anis merah

Burung anis anis merah atau punglor merah merupakan burung yang cukup di gemari oleh kalangan kicaumania, karena burung ini mampu berkicau dengan indah, seperti berkicau yang mengeluarkan Ngecir, Ngeplong dan Berkicau Sambil Teler.

Agar anis merah peliharaan rekan-rekan sekalian mampu berkicau dengan sangat baik, tentunya harus melakukan perawatan yang tepat, sesuai dengan kondisi burung itu sendiri.

Adapun, untuk merawat burung punglor merah ini antara lain, seperti seting harian, perawatan untuk lomba, merawat ketika mabung, mengatasi persoalan drop, merawat anis merah trotolan, pengaturan pakan yang tepat, dan lain sebagainya.

Karakter Burung Anis Merah

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang burung anis merah, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu tentang karakternya, karena jika sudah mengetahui tentang karakter burung itu sendiri, pemilik burung akan bisa menyesuaikan dengan kemampuan burung itu sendiri.

  1. Lambat Beradaptasi

Kekurangan dari anis merah adalah, dimana burung tersebut sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Perubahan ornamen dari sangkarnya, perubahan lingkungan, perubahan lainnya dengan drastis akan membuat burung ini akan rentan terjadi stres.

Jadi, untuk perawatannya, harus memperhatikan hal tersebut, dan jangan merubah sesuatunya dengan drastis untuk menghindari burung menjadi tidak nyaman dan stres.

  1. Cepat Bosan

Burung ini memiliki kebiasaan yang mudah untuk bosan jika di gantang di tempat yang sama setiap harinya dan akan membuat burung menjadi malas untuk berkicau.

Sesekali, burung ini di gantang ditempat yang berbeda-beda, dari di dekat tempat gamtang yang biasa di gunakan, untuk menghindari kebosanan.

  1. Birahi Mudah Naik

Birahi yang stabil akan membuat burung ini akan rajin berkicau, namun permasalahannya, burung ini mudah naik birahinya, yang di sebabkan oleh pemberian Ekstrafooding yang berlebihan dan penjemuran.

Jadi, ketika sudah menemukan durasi penjemuran yang tepat dan juga jumlah pakan yang tepat, tinggal pertahankan, dan jangan di tambahkan.

  1. Anis Merah Manja

Sifat alami burung ini adalah manja, dimana secara psikologis, anis merah beranggapan bahwa pemiliknya merupakan pasangannya. Ya, memang terdengar aneh, namun kenyataannya memang seperti itu.

Jadi, ketika burung tersebut melihat pemiliknya akan jarang untuk berkicau dan ingin bermanja-manjaan terhadap pemiliknya.

Jadi, ketika rekan-rekan kicaumania yang ingin ikut lomba, sebaiknya jangan pakai joki yang biasa merawat sehari-hari burung tersebut, untuk menghindari burung menjadi manja.

  1. Mudah Jinak

Meskipun burung ini sulit beradaptasi dengan lingkungan barunya, akan tetapi burung ini memiliki kelebihan yang dapat jinak dengan cepat, karena memiliki sifat yang manja.

Nah, gimana sudah faham dengan karakter anis merah ? ya, dengan melihat karakter burung itu sendiri, setidaknya sudah ada gambaran untuk merawatnya seperti apa.

Cara Merawat Anis Merah Trotolan

gambar anis merah trotol

Gambar anis merah trotol

 

Meskipun burung ini cukup sulit untuk dipelihara, akan tetapi banyak para kicaumania yang penasaran dengan burung ini untuk merawatnya, karena kelebihan yang dimiliki burung tersebut.

Selain itu, memelihara anakan trotolan anis merah di anggap lebih afdol, jika di bandingkan memelihara anis merah bakalan yang belum terlihat kapan burung tersebut mau bongkar suara.

Lihat Juga : Harga Anis Merah

Untuk perawaran anis merah trotolan antara lain :

  • Sangkar yang cocok

 Karena anis merah trotolan biasanya masih giras atau liar, dan untuk menghindari burung terluka dan menghindari kematian karena sering nabrak-nabrak, loncat-loncat di sangkarnya, maka sebaiknya sangkar yang cocok, seperti memiliki jeruji yang rapat untuk menghindarinya tersangkut, dasar yang rata dan gunakan 1 tangkringan yang sesuai dengan ukuran kakinya .

  • Pakan

Anis merah trotolan membutuhkan asupan Gizi yang cukup untuk pertumbuhannya, untuk memberikan pakan bisa memberikan ektafooding seperti cacing tanah 10 ekor, jangkrik 10 ekor setiap harinya dan berikan juga kroto dan buah-buahan.

Selain itu, sediakan dan berikan juga pakan dari Voer, namun pilihkan voer yang cocok, karena jika voer yang di berikan tidak cocok, akan membuat kotoran burung terlalu berbau dan encer.

  • Mandi dan jemur

Mandikan burung menggunakan sprey, atau jika punya anis merah yang sudah terbiasa mandi sendiri dikeramba, maka tinggal dekatkanlah, agar anis merah trotolan tersebut melihatnya sebagai pembelajaran untuk mandi sendiri di keramba nantinya.

Setelah di mandikan, burung di jemur secukupnya, sekitar 30 menit yang dilakukan ketika pagi hari, dan jangan menjemurnya ketika mataharinya terlalu terik.

Setelah dimandikan anis merah di angin-anginkan, namun pastikan anginnya jangan terlalu kencang hembusannya, karena anis merah tidak menyukainya. Setelah itu burug di dekatkan dengan burung lainnya yang memiliki suara ngeriwik, seperti suara pleci , kolibri dan burung sejenis lainnya.

  • Berikan Multivitamin

Berikan setiap hari multivitamin yang dicampur air minumnya, agar anis merah trotolan kondisinya selalu fit sepanjang hari.

  • Jauhkan dari burung lainnya

Pada malam hari, biasakan anis merah trotolan di di krodong sangkarnya, agar bisa beristirahat secara full pada malam hari.

Namun, untuk minggu-minggu pertama kdorongnya jangan di Full terlebih dahulu, biarkan terbuka setengahnya, karena di khawatirkan burung menjadi takut.

Selain itu, untuk minggu-minggu pertama, burung jangan di dekatkan dengan burung lainnya yang memiliki suara yang keras.

  • Pemasteran

Pemasteran merupan aktifitas untuk burung anis merah trotolan untuk melatihnya memiliki suara kicauan yang bagus.

Pemasteran itu sendiri dilakukan ketika burung selesai di jemur, dan untuk memasternya, bisa menggunakan suara crecetan burung parkit, cucak jenggot, dan suara kicauan bersifat ngerol seperti  blackthroat, kenari .

Lihat Juga : Kumpulan Suara Burung Untuk Masteran & Suara Anis Merah

  • Suasana yang nyaman

Ketika burung selalu nyaman, maka pertumbuhan mental dan kicauan, serta kesehatannya bisa tumbuh dengan baik.

Dan untuk membuat burung selalu nyaman, bisa memperhatikan hal ini :

  • Tempat menggantang sejuk dan nyaman
  • Berikan suara terapi, seperti suara air mengalir, suara Aquarium, suara sungai yang bisa di putar melalui Handphone
  • Menggantang burung di dekat burung yang memiliki suara ngeriwik, seperti kolibri dan pleci
  • Sesekali pancing burung dengan memutar suara musik dan suara TV

Perawatan Harian Anis Merah

gambar burung anis merah

Gambar burung anis merah

Kunci keberhasilan dalam merawat burung punglor merah adalah dari perawatan harian yang tepat dan konsiten.

Dan untuk merawat pungnglor merah harinnya antara lain :

  • Sekitar jam 07.00 burung di angin-anginkan ( namun usahakan anginnya terlalu kencang hembusannya ) , lalu mandikan ketika jam 07.30
  • Bersihkan sangkarnya dan ganti air minum yang kotor dan gan voer yang yang bersih
  • Simpan 2 ekor jangkrik ke dalam cepuknya ( jangan memberikan pakan langsung menggunakan tangan )
  • Jemur anis merah selama 1 -2 jam jam lamanya, sekitar jam 08.00 – 11.00
  • Setelah di jemur, burung di angin-anginkan selama 10 menit dan krodong sangkarnya hingga jam 15.00, sambil di master dengan suara masterannya
  • 30 burung di angin-anginkan kembali dengan membuka krodongnya dan bisa dimandikan kembali jika di perlukan
  • Pada jam 18.00 burung di krodong sambil di master beberapa jam dan biarkan burung istirahat setelah itu hingga pagi hari
  • Kroto di berikan 2 kali dalam seminggu
  • Cacing diberikan cukup seminggu sekali sebanyak 2 ekor
  • Buah diberikan setiap hairnya yang di kombinasikan atau bergantian, seperti pisang, apel, pepaya
  • Berikan Multivitamin seminggu sekali

Cara Merawat Anis Merah Untuk Lomba

anis merah lomba

Agar burung anis merah bisa tampil dengan maksimal ketika lomba, maka butuh persiapan yang matang sebelumnya, sehingga burung memiliki energy, stamina dan birahi yang stabil dan membuatnya menjadi berkicau dengan baik.

Untuk perawatannya perlu di ubah, sehingga beberapa hari menjelang lomba, burung tidak mengeluarkan energy yang sia-sia yang membuatnya kurang stamina ketika lomba.

  • H-3 burung diberikan jangkrik lebih banyak dari sebelumnya, 2 ekor pada pagi dan 2 ekor pada sore hari
  • H- 2burung cukup dijemur selama 30 menit saja
  • 1 jam sebelum lomba, anis merah di berikan 1 ekor jangkrik
  • Ketika burung turun lomba, berikan 1 ekor lagi jangkrik

Pemberian ulat hongkong sebaiknya jangan di berikan terlebih dahulu, karena bisa membuat birahinya terlalu tinggi yang dapat menggangu performa dilapangan.

Selain itu, di usahakan , anis merah tidak melihat yang merawatnya sehari-hari.

Perawatan Setelah Lomba

Karena energy dan stamin anis merah terkuras saat lomba, maka burung butuh untuk di pulihkan kembali. Dan untuk memulihkannya, antara lain :

  • Pemberian pakan dari Ekstrafooding di kembalikan ke setting harinnya
  • H+ 1 Berikan multivitamin
  • H + 3 burung cukup di jemur selama 30 menit saja

Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Drop

gambar punglor merah

Gambar punglor merah

Anis merah yang tadinya rajin berkicau mendadak menjadi malas berkicau sepanjang hari, dan ketika di pancing dengan anis merah lainpun , burung memilih diam dan tidak mau membalas kicauannya, padahal ketika di alam liar, ketika anis merah mendengar suara anis merah lainnya akan saling bersautan satu sama lainnya.

Ada beberapa hal yang membuat anis emrah menjadi malas untuk bunyi, seperti salah setting harian dan juga kelalaian pemilknya dalam hal merawatnya.

Dan untuk mengatasinya antara lain :

  1. Drop Setelah Lomba

Ya, drop setelah lomba merupakan hal cukup kemungkinan terjadi, makanya untuk perawatannya cukup dijemur selama 30 menit selama H+ 1 – H+3 . selain itu, untuk pemberian pakannya di kembalikan ke perawatan harian.

  1. Kurang Jemur

Kurang jemur juga pada anis merah bisa membuatnya menjadi malas untuk bunyi, jadi untuk perawatan harinnya perhatikan jumlah penjemurannya.

Jika penjemuran 1 jam masih kurang membuat burung menjadi rajin berkicau, maka tinggal ditingkatkan menjadi 2 – 3 jam lamanya.

Namun, tetap perhatikan juga, takutnya setelah burung pulih birahinya terlalu tinggi karena terlalu lama di jemur.

  1. Krodong Terlalu Lama dibuka

Penggunaan krodong bertujuan agar memberikan kenyamanan pada burung anis merah, terutama untuk menghindari melihat burung anis merah lainnya.

Jika, krodongnya terlalu sering di buka ada kemungkinan burung menjadi drop, dan biasanya mengkrodong sangkar anis merah dilakukan pada jam 10.00 – 15.00 setelah di mandikan dan pada jam 18.00 ketika burung beristirahat hingga pagi hari.

  1. Kurangi Buah-buahan

Jika anis merah di berikan pakan dari buah-buahan terlalu banyak, bisa membuatnya menjadi drop, maka dari itu kurangi pemberian buah pisang dan pepaya, jika penyebabnya di sebabkan oleh pemberian pakan tersebut dalam jumlah yang terlalu banyak.

  1. Seting Ulang Ekstrafooding

Setting ulang pakan ekstrafooding pelu untuk di rubah jika burung sudah terlanjur drop.

Namun, idealnya pemberian jangkrik, cacing dan kroto di berikan perminggunya. Untuk jangkrik bisa diberikan setiap harinya sebanyak 3 ekor, 2 ekor pagi hari dan 1 ekor sore harinya.

Sedangkan pakan 1 sendok teh kroto di berikan seminggu 2 kali dan cacing diberikan 2 ekor seminggu sekali.

Untuk pakan dari ulat hongkong di hentikan terlebih dahulu, karena bisa membuat birahinya menjadi tidak terkendali.

Cara Menurunkan Birahi Anis Merah

gambar burung anis merah

Gambar burung anis merah

Birahi tinggi pada anis merah tentunya akan membuat burung menurun kualitasnya, hal yang harus dilakukan adalah menurunkan terlebih dahulu, hingga birahinya menjadi stabil kembali.

Untuk seting perawatannya, antara lain :

  • Cukup berikan jangkri 1 saat pagi dan 1 ekor pada sore hari
  • Lakukan pengembunan, pada jam 04.30 – 06.00
  • Berikan 1 ekor cacing 1 minggu sekali
  • Lebih sering di mandikan 2 kali sehari, pagi dan sore hari
  • Jemur cukup 30 menit
  • Anis merah di isolasi hingga tidak mendengar dan melihat anis merah lainnya

Cara Merawat Anis Merah Mabung

Mabung merupakan proses alami untuk burung anis merah, dimana proses ngurak atau perontokan bulu lama ( moulting ) membutuhkan proses hingga bulu barunya tumbuh kembali dan proses mabungnya selesai dengan sempurna.

Ciri-ciri burung anis merah mabung, bisa dilihat dari :

  • Bulu lama mulai berjatuhan
  • Bulunya terlihat kusam, kering dan mulai berjatuhan satu persatu
  • Intensitas burung berkicau menjadi turun, sehingga burung menjadi malas untuk berkicau

Ketika anis merah mabung dan terganggu oleh beberapa hal, maka akan membuat burung anis merah menjadi rusak, kualitas mentalnya menurun, burung menjadi macet bunyi, pertumbuhan bulu tidak sempurna dan lain sebagainya.

  • Burung isolasi dan jangan samapai melihat dan mendengar burung punglor merah lainnya
  • Burung jangan sampai sering berkicau, sehingga dapat menguras energi, yang sebenarnya, sebaiknya energy tersebut digunakan untuk proses perontokan bulu dan pertumbuhan bulu barunya
  • Selama proses ngurak atau perontokan bulu lama, untuk ektrafooding jangan di berikan terlebih dahulu dan cukup berikan Voer ( bisa menggunakan Voer Lele, karena tinggi akan protein ) dan Pepaya
  • Berikan Ektrafooding setelah bulu baru ( bulu jarum ) mulai tumbuh
  • Jangan dimandikan ketika anis merah ngurak ( perontokan bulu ), mandikan kembali setelah bulu jarumnya mulai tumbuh
  • Besihkan selalu sangkarnya, paling tidak 2 -3 kali dalam seminggu

Ketika bulu burung mulai tumbuh tunasnya mulai pecah, sehingga banyak serbuk putih, seperti ketombe terdapat pada anis merah yang sedang mabung, maka pakan dari ektrafooding di tingkatkan, karena pada saat tersebut, burung membuatuhkan asupan gizi yang lebih besar dari sebelumnya, untuk membantu pertumbuhan sel-sel bulu baru.

Untuk pakannya, bisa memberikan :

  • Jangkrik di berikan 4 ekor pagi hari dan 4 ekor pada sore hari
  • Kroto 1 sendok makan setiap pagi
  • Berikan cacing 2 ekor seminggu seminggu 3 kali
  • Berikan Multivitamin untuk menjaga kondisinya selalu Fit

Makanan Burung Anis Merah

makanan anis merah

Makanan merupakan hal penting untuk segala kondisi burung, seperti setingan pakan yang sesuai dengan kondisi burung tersebut.

Namun, agar burung terpenuhi gizinya, maka pemberian pakan dari buah-buahan, Ektrafooding, Voer dan lain sebagainya perlu di kombinasikan setiap minggu untuk di berikan pada burung.

Adapun pakan anis merah yang biasa di konsumsi burung tersebut antara lain :

  • Berikan Voer, berikan voer yang memiliki kandungan protein 12%-18%
  • Buahan-buahan : Pepaya, pir, Apel, pisang kepok putih, tomat dan buah lainnya
  • Ekstrafooding : ulat bambu, ulat hongkong, belalang, kelabang, cacing, kroto, jangkrik, orong-orong

Nah, demikianlah tips kali ini untuk merawat anis merah yang bisa kalian coba terapkan pada anis merah kesayangan rekan-rekan kicaumania sekalian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *